Publikasi

Seangle

22 April 2018

No Comments

Earth Day 2018 : Bring Back The Green


Seangle, Palu – Hari bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Tahun 2018, Seangle  mengadakan kegiatan peduli lingkungan dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional. Salah satunya dengan penanaman mangrove massal dan mini eco-festival di Kota Palu. Peringatan hari bumi 2018 akan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga serta melestarikan apa yang ada di bumi ini melalui aksi lingkungan.

 

Kegiatan hari bumi didukung oleh dinas lingkungan hidup kota palu sebagai pihak yang memberikan rekomendasi dan izin lokasi untuk penanaman mangrove. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah juga mendukung penannaman 300 bibit mangrove serta memandu proses dari penanaman hingga pengontrolan.

 

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 21 April, yaitu mini eco-festival, sebagai kampanye kreatif untuk anak-anak muda dalam pelestarian mangrove di kawasan pesisir pantai. Agenda kegiatan diantaranya menyediakan booth  komunitas, ecobrick dan ecotalk yang menghadirkan pembicara khusus, yaitu Ka Smit perwakilan pemerintahan kota palu, Ka Epen atau Koko dari Walhi Sulteng dan juga Ka Mail dari hidroponik kota palu. Di tanggal 22 April adalah puncak kegiatan hari bumi, yaitu penanaman 300 bibit mangrove di kawasan anjungan Jembatan Merah. Khususnya tanaman bakau, Seangle memilih bakau karena selain mencegah abrasi, juga berfungsi sebagai tanaman yang dapat mempertahankan pH air laut dan juga sebagai tempat untuk flora-fauna hidup.

 

Tim Seangle dan relawan Hari Bumi 2018

 

Kegiatan hari bumi diliput langsung oleh teman-teman wartawan yang tergabung dalam aliansi jurnalis indonesia kota palu serta ikatan jurnalis televisi indonesia sulawesi tengah dan berkolaborasi bersama 300 relawan diantaranya siswa-siswi SMA, himpunan, pencinta alam, serta instansi-instansi terkait.

 

 

Penyunting: Robby Butarbutar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *