Publikasi

Seangle

17 May 2019

No Comments

Kegiatan RUPIAH (Rumah pendidikan sampah) Sambil Berbuka – Seangle Semarang

 

Seangle, Semarang – Jum’at, 17 Mei 2019, Seangle Semarang kembali mengadakan kegiatan Rumah Pendidikan Sampah (RUPIAH) sekaligus buka bersama yang bertempat di Rumah Pilah Sampah (RPS) kelurahan Mangkang Kulon, Kota Semarang. Secara umum RUPIAH bertujuan untuk memberikan edukasi dan kesadaran mengenai pengelolaan sampah yang baik kepada masyarakat Mangkang Kulon terutama anak – anak.

 

Kegiatan rutin setiap dua minggu sekali tersebut terlihat berbeda dengan sebelumnya, yang mana kali ini diadakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Meskipun dalam keadaan berpuasa, tidak menyurutkan antusias anak-anak untuk mengikuti kegiatan. Setiap minggunya memiliki tema yang berbeda, dan tema kali ini adalah belajar membuat gantungan kunci dari plastik tidak terpakai. Suasana riuh pertanyaan anak-anak tentang cara membuatnya menghiasai jalannya kegiatan menunjukkan semangat anak – anak dalam mengikuti sesi tersebut, dan anak-anak terlihat sangat puas dengan hasil karya mereka. Masing-masing saling memamerkan karyanya dalam sesi foto bersama.

 

Tidak cukup sampai disitu, RUPIAH ditutup dengan acara buka bersama dengan konsep zero waste event, yaitu menggunakan wadah dari bahan alami dan juga tempat yang reuseable. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan kepada anak-anak agar mengurangi pennggunaan plastik sekali pakai.

 

Harapannya, kegiatan RUPIAH dapat rutin dilaksanakan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang peduli dengan kelestarian lingkungan, khususnya mengenai permasalahan pengelolaan sampah yang baik. Terlebih lagi diajarkan kepada anak-anak sejak dini mengenai hal tersebut.

Penulis : Seangle Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *