Publikasi

Seangle

02 March 2019

No Comments

Kurangi Sampah Bersama Seangle Semarang

 

RADARSEMARANG.ID, Seangle Semarang diinisiasi pemuda Indonesia dengan misi menciptakan solusi atas permasalahan lingkungan. Organisasi berlandaskan ide inovatif sebagai laboratorium inovasi (Innovation lab).

 

DEWI AKMALAH

 

RADARSEMAREANG.ID, PANTAI Mangunharjo, Mangkang Kulon Semarang dipenuhi ratusan orang beragam usia. Mereka dengan penuh suka cita membersihkan pantai dari beragam sampah. Ternyata ada 109 sukarelawan yang bekerja sama dengan Yayasan Ekonusa, berhasil mengumpulkan sebanyak 870 kg sampah. Terdiri atas 500 kg plastik, 20 kg sedotan dan 350 kg sampah lainnya seperti kain, popok, dan sandal.

 

Ternyata kegiatan bertajuk CLEVER (Clean Up For Enviromental) tersebut diinisiasi Komunitas Seangle Semarang. Organisasi yang bergerak di bidang lingkungan ini terbentuk pada tahun 2017 di Palu Sulawesi Tengah. Diinisiasi oleh Diver Clean Action, pemuda Palu. Kemudian dikembangkan menjadi Lab Inovatif yang diganjar anugerah sebagai Best Action Plan di IYMDS (Indonesian Youth Marine Debris Summit) 2017. Kini berkembang di Semarang, Pontianak, Gorontalo, Palu dan Purwokerto.

 

“Seangel Semarang sendiri terbentuk untuk menjawab analisa terhadap permasalahan sampah laut (marine debris) di Semarang pada Juli 2018. Selain itu, menjadi wadah bagi pemuda untuk berkontribusi menjadikan Kota Semarang bersih bebas sampah dengan fokus menangani masalah marine debris dari hulu hingga hilir,” ujar Falasifah, inisiator Seangle Semarang.

 

Saat ini Seangle Semarang sudah memiliki 22 anggota tetap yang terbagi dalam tiga divisi, yaitu Project and Research, Design and Documentation, serta Communication. Dalam setiap kegiatan akan dibuka sukarelawan (volunteer) guna membantu kegiatan. Untuk menjadi Zero Waste Ranger (sebutan untuk anggota Seangle) ada syarat tertentu yang harus dipenuhi.

 

Baca Selengkapnya di : https://radarsemarang.jawapos.com/2019/03/01/kurangi-sampah-bersama-komunitas-seangle-semarang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *