Publikasi

Seangle

31 October 2018

No Comments

Seangle di ranah internasional “Our Ocean” Bali 2018

Seangle, Bali – Our Ocean Conference 2018 yang diadakan di Nusa Dua, Bali akhirnya berakhir kemarin (30/10/2018). Namun, perhelatan yang dihadiri oleh 5 kepala negara, 45 perwakilan pemerintah, dan ribuan delegasi itu tidak berakhir sia-sia. Dilansir dari siaran pers OOC 2018, konferensi kelautan terbesar di dunia itu berhasil melahirkan lebih dari 287 komitmen dengan nilai lebih dari 10 miliar dolar AS. Momen tersebut juga mendorong negara-negara di dunia untuk menciptakan 14 juta kilometer persegi Kawasan Konservasi Laut, melebihi perkiraan sebelumnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan daam sambutannya pada Global Ocean Leadership Panel, jumlah ini melebihi harapan kami. Kami berterimakasih atas kontribusi kolektif Bapak Ibu sekalian dalam menentukan masa depan laut dan isinya, agar lebih lestari dan dikelola secara berkelanjutan. Ada dua isu yang menjadi perhatian besar dalam OOC 2018, yaitu polusi plastik di lautan dan perikanan ilegal (illegal fishing). Pasalnya, plastik yang mencemari lautan pada akhirnya akan terurai menjadi mikroplastik. Mikroplastik ini kemudian dimakan oleh ikan dan berpindah ke manusia. “Ini tentunya sangat membahayakan diri kita sendiri, karena kita makan ikan yang mengandung mikroplastik,” jelas Susi.

Pada kesempatan ini Seangle sebagai salah satu inisiatif lingkungan dalam melawan sampah laut diberikan kesempatan untuk mempromosikan program yang telah dilaksanakan dalam usahanya menyadarkan dan memberikan edukasi untuk tetap menjaga laut agar bebas dari sampah laut dan ekosistem lau akan tetap terjaga. Momen ini merupakan momen berharga dan membanggakan karena dari banyak inisiatif lingkungan Seangle merupakan salah satu yang dipilih untuk hadir dalam acara bertaraf internasional ini. Hal ini menunjukkan usaha Seangle yang kian hari memberikan dampak progresif untuk tetap menjaga laut Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *