Tentang Kami
Home

Tentang Kami

SEANGLE INOVATION LAB

28764341_191141964823146_8900032171369037824_n

Seangle adalah sebuah movement social lingkungan yang diprakarsai oleh pemuda-pemudi yang berasal dari Pulau Sulawesi. Terbentuk pada saat kegiatan Indonesian Youth Marine Debris Summit tahun 2017 dan dianugerahi sebagai Best Action Plan.

VISI

Menjadi penggerak untuk Indonesia yang ramah lingkungan dan bebas sampah dengan masyarakat yang berwawasan lingkungan

MISI

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu
    lingkungan,
  2. Menciptakan generasi muda peduli lingkungan,
  3. Mengembangkan program lingkungan yang inovatif
    dan berkelanjutan,
  4. Mewujudkan pengelolaan sampah yang berbasis
    masyarakat melalui ekonomi sikular

PRINSIP SEANGLE

Sesuai dengan visi Seangle yaitu menjadi penggerak untuk Indonesia yang ramah lingkungan dan bebas sampah serta masyarakat yang berwawasan lingkungan. Sehingga perlu dipahami bahwa seangle memiliki 3 prinsip yang menjadi pedoman dasar/pegangan dan petunjuk arah semua kegiatan dan aktivitas Seangle.

1. SOSIAL

Seangle percaya bahwa aspek sosial adalah salah satu dari akar permasalahan sampah yang terjadi. Sehingga, Prinsip sosial yang dimaksud Seangle dalam hal ini adalah memahami bahwa tingkah laku masyarakat dapat dijadikan dasar untuk menyelesaikan permasalahan sampah. Seangle berharap melalui prinsip sosial ini masyarakat dapat bersama-sama berperan dan berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan sampah yang lebih optimal. Dalam hal ini masyarakat dapat mengubah perilaku, meningkatkan kesadaran dan cara pandang masyarakat terhadap sampah. Sehingga misi organisasi dapat terwujud.

2. INOVATIF

Seangle percaya bahwa di setiap tempat memiliki tingkat permasalahan lingkungan/persampahan yang berbeda-beda sehingga perlu pendekatan yang berbeda-beda pula. Seiring berkembangnya zaman maka cara menyelesaikan permasalahan sampah juga dapat berubah pula. Prinsip Inovatif yang di maksud Seangle dalam hal ini adalah setiap orang dapat memberikan ide yang inovatif dan berkelanjutan dengan dasar dan data yang kuat untuk mengembangkan programprogram yang akan Seangle buat atau kerjakan dengan menyesuaikan kondisi daerah masing-masing. Sehingga, misi dalam poin kedua seangle dapat tercapai.

3. EXPERIMENTAL

LEARNING

Seangle percaya bahwa setiap ide yang dihasilkan bisa saja gagal atau tidak tepat diimplementasikan di suatu daerah. Sehingga, Seangle menerapkan model “learning by doing failing fast, evaluate and recover”. Seangle memberikan ruang yang sebasar-besarnya untuk anggotanya merancang dan mengembangkan ide dan pastinya kegagalan yang dihasilkan bukan menjadi masalah melainkan semangat untuk mengembangkan ide tersebut. Seangle percaya bahwa organisasi adalah tempat untuk belajar dan berkembang bagi setiap anggotanya. Sehingga, Seangle menjadikan organisasi sebagai laboratorium ide bagi setiap anggotanya. Layaknya seoarang ilmuwan di suatu laboratorium ilmiah yang mengembangkan dan menemukan suatu teknologi/formula yang berkontribusi dalam dunia sains dan membantu kehidupan manusia.

Seangle percaya laboratorium yang bekerja untuk mengatasi permasalahan yang
bersifat sosial dengan menanamkan prinsip inovatif dan eksperimental
(prototyping-based approach) adalah jawaban dalam mengatasi permasalahan
sampah di Indonesia yang sudah berakar pada aspek sosial